Skip to main content

A review : Salon(s) !

Hmm, pengen ahh sekali-sekali bikin tulisan agak belagu gitu hahaha. Gue mau bikin review salon nih, *belaga, padahal datengin salon juga baru berapa biji =))*

Oiya, gue ini hobi banget nyalon, untuk beberapa perawatan khususnya.

Well, since I was young (sekarang berasa udah agak tua), gw emang doyan banget "centil-centilan" di salon. Awalnya cuma creambath, secara itu satu-satunya perawatan make sense buat ABG labil umur 15 tahun.
Firstly, gue gak tau ada salon selain salon mall such as JHONNY ANDREAN, and CHRISTOPHER =)).

Gw baru kenal salon-salon perawatan itu kira-kira menginjak usia 17 tahun. Baru deh tuh kenal sama perawatan selain potong rambut dan creambatch, macam facial, luluran, massage, manicure pedicure *yang mana gue nyoba karena satu paketan murah di salah satu salon di Bogor*.


Nah, since gue baru aja balik dari salon.. Gue jadi kepikirian pengen ngelist aja beberapa salon yang pernah gue datengin dan gue cobain perawatannya.

So, gue mau mulai dari salon yang paling gampang dijumpai di mall-mall di jabodetabek.

Johnny Andrean


Johnny ini sebenernya punya banyak banget perawatan, mulai dari urusan cuci blow, sampe urusan keritingin bulu mata, (tapi gue rasa dia belom punya service untuk keriting bulu idung atau bulu ketek). Gue pun termasuk salah satu customer yang pakai jasa salon ini, tapi karena lokasinya yang di mall dan kurang bisa di pake relax, gue baru pake Johnny Andrean untuk potong rambut, atau sebatas perawatan creambath aja.

Hasil potongan rambut di salon Jhonny Andrean termasuk bagus. Gak excellent sih, tapi lumayan OK lah kalo dapat hairdresser yang udah pengalaman. Dari segi harga, Johnny bisa dibilang mid-class. Harga potong rambut di salon ini kisaran 29000 - 60.000, standar cuci potong blow adalah 50000an.

Beberapa outlet Johnny Andrean yang pernah gue coba:



  • Botani Square Bogor --> Potong rambut hasilnya lumayan, potong poni cukup ok tapi gak se-okeh itu, dan creambath fine enough. Tempatnya kurang bisa dipake santai, jadi buat creambath kurang recommended. Oiya, gue juga pernah hot perm disini (hot perm: ngeritingin rambut tapi permanen), sayangnya waktu itu ada masalah karena rambut gue lurus jatoh gitu, agak susah buat di keriting kalo obatnya cuma 15 menit. Alhasil, begitu sampai rumah... jreng, jreng.... rambut gue kembali seperti semula. Padahal prosesnya udah 3 jam dan harga perming juga lumayan mahal, sekitar 300 ribuan waktu itu. What's good, mereka mau tanggung jawab dan proses perming gue pun diulangi satu minggu kemudian. Durasi lebih lama dan memang ada hasilnya.. sayangnya karena obat dipakai lebih lama, rambut gue pun patah-patah dan rusak. Anyway, i recommend this salon to do: HAIR CUT or CUTTING FRINGE only, alias POTONG RAMBUT ATAU POTONG PONI aja.
  • Margo City Depok --> Actually, gue baru ke salon ini sekali untuk potong poni. Tapi gue suka banget sama hasil potongan Mas Arul di cabang ini. My fringe fell beautifully. Untuk perawatan lainnya, gue gak bisa review juga karena gue belum nyoba. Maybe later gue bisa update post ini lagi kalo udah coba perawatan lain di sana.
Christopher Salon

Salon ini juga salah dua salon terpopuler di mal. Review gue sih kurang lebih sama kaya JA, hanya saja gue lebih suka Christopher untuk potong rambut dan potong poni. Menurut gue sih 'sentuhan'nya lebih cocok buat gue. But once again, kalau soal potong rambut itu bener-bener relatif. Jodoh-jodohan sama hair dressernya.
Perawatan lainnya bisa dibilang mirip sama JA, dari segi harga dibawah JA sedikit tapi masih di range yang sama.

Perawatan lain yang bisa di dapat di Christopher tapi gak ada di JA adalah foot massage, hand massage, and back massage. Tapi ya lagi-lagi karena ini salon di mall, tempatnya gak cukup relax buat di massage. Palingan bisa jadi alternatif buat si pacar atau suami nungguin pasangannya nyalon di Christopher. Hohoho.

Cabang christopher yang pernah gue datengin ada 3, yaitu di Botani Square Bogor, Ekalokasari Bogor, dan Depok Town Square. Untuk yang di Bogor mereka cukup recommended buat hair cutting, tapi Depok jangan deh.. poni gue gagal total, kaya dateng ke salon di training center gitu. T_____T


Nah, itu tadi dua salon mall yang gampang banget di temuin dan pernah gue coba.
Masih ada beberapa salon yang akan gue review dan ini bukan salon di mall.


Brown Salon

Brown Salon adalah "anak-nya" Rudy Hadisuwarno. Ibaratnya brown ini diperuntukkan middle class yang mau dapat service kaya di rudy dengan harga sedikit lebih murah. Gue cuma pernah 2 kali kesini. Hair Spa dan Potong. Ya, secara harganya juga much higher than dua salon sebelumnya, servicenya juga jauh lebih memuaskan. Tapi gue gak bisa banyak review karena memang gue belum coba banyak disana.


Rengganis Salon

Salon ini recommended banget buat yang mau relax dapet perawatan sebadan. Asli. Sebadan. Jadi konsep mereka memang salon buat perawatan, bukan ke cutting. Gue sendiri gak yakin sih mereka punya hair dresser yang ciamik buat cutting. Gue suka banget dateng ke rengganis salon karena mereka punya cozy and relaxing atmosphere. Salon ini khusus wanita jadi nanti semua customer akan diganti pake kemben untuk kenyamanan customer dan menghindari kotornya baju. Mereka juga punya banyak paket yang terdiri satu sampai lima perawatan yang bisa diambil dalam jangka waktu satu minggu.

Perawatan terbaik di Rengganis adalah CREAMBATH.
Belum ada yang bisa ngalahin creambath di rengganis salon. Durasinya 2 jam, selain head massage tentunya karena kita di creambath, kita juga akan dapat back massage dan hand massage. Seriously.. creambath di Rengganis salon itu bikin kecanduan. Harga untuk perawatan ini sekarang Rp 85.000

Selain creambath, gue juga udah nyoba beberapa hal ini:
  • Facial & totok wajah --> Facialnya OK! so relaxing juga karena setiap customer akan dilayani di satu "ruang" bertirai.. jadi walaupun kita sebelahan sama customer lain, kita tetep punya privasi dengan diri kita sendiri. Facialnya bagus dan totok wajahnya juga enak banget.. untuk facial & totok ini durasinya sekitar 1,5 - 2 jam. Selain pijetan di muka yang bisa membersihkan sel kulit mati dan komedo, kita juga akan dapat back & shoulder massage dan hand massage dari pundak ke sikut. Mereka juga punya banyak variasi facialnya loh, ada mustika ratu, sari ayu, la tulipe, biokos, dll. Harga facial dan atau totok ada di kisaran Rp 70.000 - Rp 140.000. Ada paket khusus facial dan totok wajah senilai Rp 100.000, facialnya pake Mustika Ratu atau Sariayu.
  • Manicure and Footspa Pedicure --> Good enough. Jadi kaki kita direndem dulu di foot spa yang sebenernya gue gak berasa apa-apa abis itu. Haha. Baru deh proses padicure sebenernya dilakukan. Gue gak sebegitu puasnya sama mani pedi disini, meskipun kuku gue cling dan clong, tapi pengerjaanya lama banget. I spent 2,5 hours karena yang ngerjainnya satu orang aja, jadi dia gantian dari kaki ke tangan.. kan kasian.. cape banget itu, dan lagi posisi pengerjaannya agak bikin badan gue pegel hohoho.

Salon ini udah punya 8 cabang di Bogor, tapi baru dua cabang yang gue coba.
  • Rengganis Salon - Tajur is located on Jl. Raya Tajur No. 67. Posisinya dekat dengan Galaxy Theater. 
  • Rengganis Bantar Jati. Telp: 02518323543
Tips
Kalau mau ke salon Rengganis on the weekend adalah TELPON DULU & BOOK, soalnya ngantri banget.. Mereka start buka dari jam 09.00 - 19.00


Naomi Salon - Margonda Raya, sebelah Mie Berkat Kober - Depok

Salon ini gue datengin pertama kali ketika make up wisuda, dapet rekomendasi dari beberapa temen katanya cukup laku disini make up-nya.
Hasilnya?
So-So, rate 7 out of 10. Cakep awalnya tapi berhubung wisuda gue itu di balairung dan panas banget, gue yang make-up jam 10 pagi masih cuakep dan ciamik, jm 1 siang udah gue belepetan kemana-mana. Padahal acara wisudanya aja jam setengah 2. Akan bagus buat acara yang whole day di dalam gedung ber-AC.
Sayang sih, tapi memang dari segi harga, make up & sanggulnya cuma Rp 150.000.

Tapi salon ini punya service yang better untuk facialnya. Saat mereka nyabutin komedo, lebih halus dan lebih bersih hasilnya. Buat creambath, gue gak rekomen. Mereka kurang bisa cuci rambut dengan benar.. baju gue basah pas pulang dari sana karena air pas keramas ngerembes ke telinga, leher, dan akhirnya membasahi baju bagian belakang, ketika ngeringin rambut juga kurang bagus karena ga totally kering. Dari segi harga, creambath dan facial sama-sama Rp. 40.000

Satu lagi yang gue pernah coba adalah body massage-nya.
Nah, mijetnya enaaaakkk banget.. durasinya 90 menit. Ada ruangan khusus yang mana abis pijet kita bisa mandi air anget di bath tub atau shower. Udah disediain handuk, sabun dan shampoo. And most exciting from this body massage is the price! it only cost Rp 40.000 / 90 minutes of massage.

Sayang seribu sayang, karena ini salon "kantong mahasiswa", tempatnya ya seadanya banget. Agak berisik sama suara TV, suara anak kecil, suara mobil dan karyawan yang ngobrol hahaha. Oiya, tapi Naomi Salon ini juga punya paket-paket yang terbilang murah :)


One more salon is also in Depok.

TEWINK Salon - Margonda Raya (dekat Sederhana Bintaro cab. Kober)

Tewink ini ternyata "anaknya" Moz 5, salah satu salon muslimah kelas middle up. Service yang disediakan tewink ini sama dengan Moz, cuma harganya lebih miring karena dikemas dengan konsep yang lebih "anak muda", while Moz lebih exclusive. Semacam Rudy Hadisuwarno dan Brown Salon. Sebenernya gue baru sekali kesini, waktu itu lagi sebel banget liat kuku tangan dan kaki, dan jadilah gue manicure-pedicure disini. Hasilnya? I LOVE IT!!

I totally recommend this salon to have manicure and pedicure. My pedicure lasted more than 2 weeks. Asli ciamik abis. Pake scrubbing juga kan, dan massage-nya juga enak banget. Bahkan gue bisa bilang rengganis aja kalah. Hihihihi..

Dari segi atmosphere-nya, tewink cukup tenang dan nyaman. cuma memang dia masih belum bisa melayani beberapa service, gue lupa waktu itu gue mau ngapain trus dia ga bisa. Soal harga ya masih worth it banget lah untuk hasil segitunya, mani-pedi ini menguras kocek gue sebanyak Rp 65.000. Sayangnya mereka belum punya paket untuk 2 atau 3 perawatan sekaligus. Ada beberapa tapi harga bandrolannya masih lumayan mahal. Hehehe.

So, I think that's all for now.
Gue masih mau datengin satu salon lagi di Depok yang punya paket menggoda banget. Sayangnya cuma bisa dipake weekdays, namanya GRIA INAN.
Kalo gue udah sempet kesana, gue review lagi ya servicenya.


sekarang gue mau tidur. It's late now dan besok harus kembali bekerja.
ciao!

Hope it helps for you, women!



Comments

  1. dari yang udah pernah lo datengin, semuanya belum pernah gw datengin. dan yang lo pengen datengin, lumayan sering gw datengin. hehehe.

    yang gw tau Inan ada di Depok (Griya Inan) sama yang di Pejompongan (salon pertama yang gw tau sejak SMP. hehehe).

    waktu di SMP (yang di Pejompongan) gw sering creambath sama potong. kalo creambath kayanya biasa aja. tapi gw puas sama hasil potongnya. selalu bagus. yang Depok juga lebih berani pas gw bilang bob nungging, beneran dikasi nungging. beda sama pas gw potong di Moz5 Margonda.
    terus waktu di Pejompongan temen gw pernah keriting gantung, hasilnya juga bagus banget.

    nag selama kuliah, gw nyobain yang di Depok. kayany tergantung capster-nya banget deh.
    kalo lagi oke, semua pelayanannya bagus. mulai dari perawatan tubuh, macam scrub, massage, lulur gitu sih oke. waxing armpit juga telaten banget. meni-pedi juga bertahan lama kinclongnya.
    tapiiiii kalo dapetnya lagi ngga enak, pada buru2 gitu deh. jadi kalo pas sekali nyoba di situ langsung cocok sama capster-nya. langsung minta nomornya aja deh, biar kalo mau ke sana lagi uda tau sama siapanya. hehehe ;)

    ReplyDelete
  2. Wah, aku mau dong nyoba ke Inan. Sampai sekarang gak jadi-jadi karena males naik angkot kesananya.. susah nyebrangnya.. hahha. cetek banget alasannya ya, Na.

    But thanks ya buat reviewnya... mungkin besok kalo mau potong rambut bisa coba disana.

    :D

    ReplyDelete
  3. Eh di daerah Bekasi ada satu salon yang mirip sama Rengganis ini. Namanya Nadia Salon. Baru ada 2 sih setahu gw, pusat di Jatibening dan cabang di Pondok Gede. Kurang lebih mungkin sama "menu" perawatannya dengan yang ada di Rengganis, tapi yang gw suka adalah di sini menyediakan service jacuzzi/whirl pool setelah selesai perawatan. Ditambah, ada kolam renangnya (kalau yang ini di cabang Pondok Gede, kalau di pusat nyatu sama rumah pemiliknya jadi kurang space sih kalau gw bilang, pdhl areanya uda cukup gede). Klo lagi ke sini, gw bisa ngabisin setengah hari dari buka jam 9 sampai sore sekitar jam 3 atau 4. Malah pernah sampe mau tutup sekitar jam 7. Uda gitu setiap Nadia Salon selalu bersebelahan dengan cafe-nya, Erlangga Cafe (yang punya orang Bali), gw jarang makan di sana soalnya bisa lho kita pesan makan sambil perawatan, misal makan sambil creambath. Affordable juga, sepaket sampe lo bosen di sana sama makan siang dan ngemil2 lucu ga pernah sampe 500rb, padahal perawatan uda dari ujung rambut sampe ujung kaki.

    ReplyDelete
  4. Revenian : Hi, sorry baru reply.. oya? Menarik banget yaa ada jacuzinya gitu.. pasti relaxing banget deh.. sayang tempatnya jauh dari tempat gue tinggal.

    ReplyDelete
  5. ngcat rmbt d johny andrean brp y...

    ReplyDelete
  6. bagusan facial johny andrean/rengganis?

    ReplyDelete
  7. sedang mencari info wedding? silahkan klik... www.serbaserbipernikahanjakarta.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. sedang mencari info wedding? silahkan klik... www.serbaserbipernikahanjakarta.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. mantep nih tip salon rumahnya jadi tampil cantik cantik..
    mau liat rumah murah yuk mampir
    Rumah Di Jual Depok
    Jual Rumah Di Pamulang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

UPDATE : Review Salon #2

OKE!
Setelah gue menuliskan review salon jilid 1 yang bisa dijumpai disini, gue mau meng-update reviewnya lagi tentang beberapa salon.

1. GRIA INAN

Kayanya gue juga pernah menjanjikan ya mau nulis review salon ini kalo udah nyoba. Akhirnya, setelah cukup lama sering lewat dan ngintipin salon yang keliatan mewah ini, gue pun mencoba perawatannya di bulan Juni kemarin. Seinget gue dulu mereka pasang spanduk yang bertuliskan beberapa paket perawatan seharga Rp 70.000, isi paketnya juga lumayan beragam mulai dari lulur, massage, facial, creambath, dan mani pedi. Tapi, gue agak telat kali ya.. karena pas gue dateng kesana sama calon adek ipar gue, spanduk itu udah dilepas. Bayangan gue untuk menikmati satu hari penuh dengan harga murah hilang sudah....

Namun, niat memanjakan diri di salon sudah begitu kuat, maka gue dan dia pun melangkahkan kaki masuk ke bangunan yang terlihat seperti rumah-rumah di kawasan elite Jakarta. Tempatnya bersih, bagus, atmospherenya juga pas masuk itu enak...

Sec…